Tips Aman dan Pintar Menjaga Anak dari Media Sosial

Posted on

Terlalu dini untuk mengkhawatirkan anak-anak dan media sosial? Pikirkan lagi! Hampir 60 persen orang Amerika berusia 6 sampai 9 online setiap hari, dan 90 persen anak-anak memiliki riwayat online sebelum mereka berusia 2 tahun! Waktu jelas berbeda. Tapi hanya karena anak-anak ada di media sosial, terutama Facebook, itu tidak berarti semuanya aman. Jadilah orang tua yang bertanggung jawab dengan menetapkan dasar yang stabil untuk penggunaan media sosial anak Anda. Pelajari cara memulai dengan kaki kanan, dan anak Anda akan cenderung membuat keputusan cerdas di dunia teknologi selama bertahun-tahun yang akan datang.

Tips Aman dan Pintar Menjaga Anak dari Media Sosial

Sebagai orang tua, tugas Anda untuk membantu membimbing anak Anda melalui pengalaman baru – bergabung dengan jaringan sosial tidak terkecuali. Bacalah panduan berikut ini sebelum anak Anda mengeksplorasi semua yang ditawarkan dunia media sosial.

Set Up Account Bersama

Bahkan jika Anda sudah merasa nyaman menggunakan media sosial, pastikan Anda tahu cara menyiapkan akun anak Anda, menyesuaikan berbagai pengaturan privasi dengan preferensi Anda. Sumber daya seperti Common Sense Media, LookOut Social dan The Online Mom memberikan informasi rinci tentang bagaimana dan mengapa melakukan ini.

Diskusikan Tujuannya

Bicarakan dengan anak Anda tentang tujuan perangkat baru, yang tidak hanya terlihat keren, atau akun Facebook baru, yang tidak boleh didekati oleh orang asing. Pergilah lebih dalam dan bahas bagaimana hal-hal ini dapat membantu anak Anda tumbuh menjadi teman baik dan anggota keluarga yang peduli, seseorang yang tahu betapa pentingnya untuk tetap berhubungan.

Tetapkan Aturan Bersama

Anak-anak cenderung mengikuti peraturan yang telah mereka ikuti dalam pengaturan, jadi duduk bersama dan sepakati pedoman yang spesifik untuk keluarga Anda. Simaklah contoh keluarga keluarga Common Sense Media untuk mendapatkan ide.

Biarkan Kesalahan Terjadi

Sesuaikan peraturan saat anak Anda bertambah tua, dan jangan mencoba mengendalikan penggunaan media sedemikian ketat sehingga kesalahan tidak dapat terjadi. Jelaskan bahwa dia dapat mengandalkan Anda untuk membantunya memecahkan masalah bersama. Penting untuk mempercayai anak-anak yang lebih tua untuk membuat kesalahan dan bagi Anda berdua untuk belajar darinya.

Jadilah Model Peran

“Ingatlah bahwa Anda adalah panutan anak-anak Anda di dunia digital,” kata Caroline Knorr, editor parenting Common Sense Media. “Bagaimana Anda memperlakukan smartphone, akun Facebook, berbagi foto, mengumpulkan informasi, dll. -Anda akan mengambil kebiasaan Anda. Jadi ikuti peraturanmu sendiri. ”

Jadilah Orangtua, Bukan “Sahabat”

Knorr mengatakan bahwa orang tua harus menyerahkannya kepada anak apakah mereka akan menjadi “teman” melalui media sosial. Berdiri dengan keputusan bahwa anak Anda siap menghadapi dunia digital dengan melangkah mundur untuk memberi ruang bagi pembelajaran dan pertumbuhan.

Jangan Menanggapi Anak Anda Secara Umum

“Memiliki orang tua mengomentari posting mereka adalah ciuman kematian dan mungkin benar-benar membuat irisan antara Anda dan anak-anak Anda,” kata Knorr. “Jadi, awasi hal-hal dari jarak yang aman, dan monitor secara tidak terlihat.” Jika Anda menyukai sebuah pos, katakanlah di email atau chatting secara online secara pribadi. Jika Anda khawatir tentang sebuah pos, mintalah percakapan tatap muka. Selalu jujur ??tentang keprihatinan Anda dan dengarkan sisi anak Anda dari cerita.

Tahu Anda Tidak Bisa Melihat Segalanya

Knorr juga memperingatkan bahwa bisa melihat posting anak tidak berarti orang tua melihat semua tulisan anak tersebut: “Jika anak-anak merasa bahwa ruang mereka diserang oleh kehadiran orang tua yang tidak diinginkan, mereka akan menghitung skala peta┬ámenggunakan semua filter yang ada Biarkan mereka menyembunyikan posting dari orang-orang tertentu. Anak-anak dapat dengan mudah memperoleh sebanyak mungkin akun online yang mereka inginkan-sehingga mereka dapat memberi tahu Anda tentang satu akun namun kemudian menggunakan akun lain untuk teman mereka yang sebenarnya.

Memiliki Quality Face Time

Standar emas komunikasi manusia masih bertatap muka. Perangkat elektronik adalah alat yang berguna, tapi tidak ada pengganti untuk berjalan-jalan bersama, melempar bola ke depan dan ke belakang atau duduk sebagai keluarga untuk makan yang telah Anda siapkan.

Parenting di era digital melibatkan tantangan baru, tapi masih mengasuh anak. Cara terbaik untuk menghindari masalah adalah mengenal anak Anda, tersedia, dan dengarkan setidaknya sebanyak yang Anda bicarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *