Mengatasi kedinginan pada bayi

Posted on

Mengatasi kedinginan pada bayi

Ketika bayi mengalami kedinginan, anda perlu mewaspadai hal tersebut! Mengapa? Karena bayi yang kedinginan berpotensi mengalami hipotermia yang kemudian mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan kebutuhan oksigen dalam tubuh, bahkan hipotermia sendiri bisa menjadi penyebab kematian. Oleh karena itu, saat bayi anda telah terlihat kedinginan, anda harus segera melakukan beberapa hal untuk kembali menghangatkan bayi anda, silahkan simak ulasan berikut :

 

Berikan Kehangatan pada Tubuh Bayi

Untuk menghangatkan bayi, anda dapat memakaikan pakaian hangat, misalkan baju lengan panajang dan celana panjang serta sweater atau jaket dengan bahan kain yang tebal. Di samping itu, anda juga perlu memakaikan sarung tangan dan kaki serta topi untuk menciptakan telapak tangan dan kaki serta area kepala dan telinga bayi menjadi lebih hangat. Pemakaian sarung tangan, sarung kaki, dan topi ini penting sebab telapak kaki dan telapak tangan adalah bagian tubuh yang terdingin apabila ia merasakan kedinginan, sementara topi dibutuhkan karena 25% panas tubuh dikeluarkan melewati kepala. Tidak cuma itu saja, anda perlu memakaikan selimut untuk bayimu ketika ia sedang istirahat agar tubuh menjadi lebih hangat.

Lakukan Kontak Kulit Secara Langsung dengan Bayi

Selain memberikan pakaian yang hangat dan rapat, anda juga dapat menghangatkan tubuh bayi anda dengan sentuhan kulit langsung lho! Beberapa orang mengenal teknik ini skin to skin. Tekni ini dapat anda lakukan dengan mendekap sambil menempelkan tubuh bayi pada dada anda. Dengan cara ini anda dapat menyalurkan panas tubuh anda untuk bayi anda, anda bisa melakukan hal ini hingga suhu tubuhnya kembali normal!

Menghangatkan Suhu Ruangan

Di samping menghangatkan suhu tubuh si bayi, anda pun harus menghangatkan suhu ruangan. Kamu dapat mengecilkan atau mematikan AC di kamar hingga suhu ruangan kembali normal. Opsi lain, anda juga dapat menggunakan lampu 40-60 watt yang ditaruh sekitar 1,5 meter dari tubuh bayimu, demi menghangatkan ruangan dan tubuh bayi secara bersamaan. Bahkan, apabila diperlukan, anda dapat menggunakan penghangat ruangan!

Periksa Popok Bayi

Popok bayi yang basah dan tidak diganti terlalu lama dapat menciptakan bayi kedinginan. Hal ini diakibatkan karena kulitnya yang basah terpapar dengan udara disekitarnya, dan hal tersebut akan mengakibatkan kedinginan. Oleh karena itu, anda harus selalu sigap untuk mengganti popok bayi ketika sudah terpakai atau basah.

Memberikan minyak telon

Minyak telon dipercaya dapat menghangatkan bayi. Karena itulah anda bisa membalurkan ke tubuh bayi kemudian metetap melakukan tahapan diatas sehingga bayi cepat hangat. Anda dapat memilih minyak telon anti nyamuk untuk bayi agar bayi juga terhindar dari gigitan dan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *